RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Satuan
Pendidikan : SDN Kendayakan
B. Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
C. Kelas/Semester : VI
/ I
D. Materi Pokok : Kisah
Keteladanan Nabi Zakaria a.s
E. Pertemuan Ke- : 1
(Satu)
F. Alokasi Waktu : 1
X 30Menit
G.
Kompetensi Dasar : 3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakaria a.s
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakaria a.s
H. Indikator
Penyapaian Kompetensi :
1. Siswa mampu menceritakan
dengan singkat kisah Nabi Zakaria a.s
2. Siswa mampu
menyebutkan 3 tokoh dalam sejarah kisahketeladanan Nabi Zakaria a.s
3. Siswa memahami
tentang pentingya memiliki sifat sabar dan bersyukur
4. Siswa dapat
menerapkan sifatsabar danbersyukurdalam kehidupan sehari-hari
I. Tujuan
Pembelajaran : Setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaranmateritentang kisah Nabi Zakaria a.sdan
mendiskusikan keteladanan Nabi Zakaria a.s, siswa
diharapkan dapat menceritakan dengan singkat dan menyebutkan 3 tokoh dalam
sejarah kisah Nabi Zakaria a.s dengan jelas dan dapat menerapkan
sifat sabar danbersyukur dalam kehidupan sehari-hari.
J. Materi
Pembelajaran : Kisah Keteladanan Nabi Zakaria a.s
Uraian Materi :
1.
Konsep : Keteladanan Nabi Zakaria a.s
2.
Fakta : Sabar dan bersyukur.
3.
Dalil : (QS.Maryam : 4)
tA$s%Éb>uÎoTÎ)z`ydurãNôàyèø9$#ÓÍh_ÏB@yètGô©$#urâ¨ù&§9$#$Y6øx©öNs9ur.`à2r&ͬ!%tæßÎ/Éb>u$wÉ)x©
Artinya : Ia Berkata
"Ya Tuhanku, Sesungguhnya tulangku Telah lemah dan kepalaku Telah
ditumbuhi uban, dan Aku belum pernah bersyukur dalam berdoa kepada Engkau, Ya
Tuhanku (QS. Maryam : 4)
4.
Prosedur : Cara meneladani sifatsabar danbersyukur
5.
Dampak/Hikmah : Pentingnya meneladani sifat sabar danbersyukurdalam
kehidupan sehari-hari.
K. Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
-
Diskusi
-
Tanya Jawab dan
-
Penugasan
L. Kegiatan
Pembelajaran
|
TAHAPAN PEMBELAJARAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN GURU DAN SISWA
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
-
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
-
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar
dan metode pembelajaran yang akan digunakan.
-
Mengabsen siswa
-
Guru membagi peserta didik dalam 4 kelompok.
2. Apersepsi
-
Bertanya pada siswa siapa yang pernah mendengar nama Nabi Zakaria
a.s
-
Siapa yang sudah mengetahui sejarah Nabi Zakaria a.s
3. Motivasi
-
Memotivasi agar siswa, tetap semangat mengikuti kegiatan
pembelajaran
4. Tujuan
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa.
|
5
|
|
Kegiatan Inti
|
1. Mengamati
-
Mengamati gambar atau video terkaitmateri
pembelajaran kisah keteladanan pada Nabi Zakaria a.s
2. Menanya
-
Mengajukan pertanyaan atas tayangangambar
atau video yang diamati.
-
Mengajukan pertanyaan pada siswa terkait
sifat keteladanan yang dimilki Nabi Zakaria a.s
3. Mencoba
-
Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan dan menyimak materi
kisah dan sifat-sifat keteladanan Nabi Zakaria a.s
4. Menalar
-
Menganalisis kisah keteladanan sifat sabar dan bersyukurNabi
Zakaria a.sdan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
5. Komunikasi
-
Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Zakaria a.s
|
20
|
|
Penutup
|
1. Kesimpulan
-
Setiap kelompok menyusun kesimpulan hasil diskusi
tentang keteladanan
Nabi Zakaria a.s
2. Refleksi
-
Mengadakan tes Formatif
3. Umpan Balik
-
Guru bertanya kepada siswa tetang sejarah kisah keteladanan Nabi Zakaria
a.s untuk mengukur pemahaman masing-masing siswa pada materi yang telah
dipelajari
-
Guru memberi umpan balik kepada siswa atas penilaian hasil kerja pembelajaran siswa
4. Tindak Lanjut
-
Memberikan tugas Pekerjaan Rumah (PR) sebagai proses pembelajaran
tindak lanjut
5. Kegiatan
Untuk Pembelajaran Selanjutnya
-
Untukkegiatan pembelajaran berikutnya, kita akan mempelajari
materi tentang KisahNabi Yahya AS.
-
Membaca hamdallah pada akhir kegiatan belajar mengajar
|
5
|
M.
Media dan Alat Pembelajaran : - Komputer
-
LCD Projector
-
(Tayangan
Poto/Gambar)
N.
Sumber Belajar : - Buku PAI, Budi Pekerti PAI Kls VI SD, Karangan :Feisal Ghozaly, dkkPenerbit : Politeknik Negeri Media
Kreatif, Jakarta, Hal. 38
-
Buku Kisah 25 Nabi
dan Rasul
-
Internet
-
Sumber lain yang relevan
O. Penilaian
Pembelajaran :
-
Tekhnik : Tes Tertulis
-
Bentuk : Uraian
-
Intrumen :
|
No
|
Indikator Pencapaian Target
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Intrumen
|
Butir Intrumen
|
|
1.
|
1.
Siswa mampu menceritakan dengan singkat kisah Nabi Zakaria a.s
2.
Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh keteladanan Nabi Zakaria
a.s
3.
Siswa memahami tentang pentingya memiliki sifat sabar dan bersyukur
4.
Siswa dapat menerapkan sifat sabar dan bersyukur dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes
|
Uraian
|
1.
Tulis dengan singkat kisah keteladanan Nabi Zakaria a.s…..
2.
Sebutkan contoh-contoh keteladanan Nabi Zakaria a.s …..
3.
Sebutkan pentingnya memiliki sifat sabar dan bersyukur …..
4.
Sebutkan pengertian sifat sabar dan bersyukur …..
5.
Berikan contoh sifat sabar dan bersyukur …..
|
-
Penugasan
a. Mengisi tes uraian tentang pemahaman pada
materi dan sifat keteladanan
b.
Instrumen : Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala SDN
Kendayakan
Hj. HOLIS,
S.Pd, MM
Nip.
196501051988112002
|
|
Serang, 30
Nopember 2013
Guru PAI
MOH. MUGNI,
S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar